Minggu, 5 Oktober 2025
Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan
  • Home
  • Profil
    • Struktur Organisasi
    • Program Kerja
    • Visi dan Misi
    • Tugas Pokok Dan Fungsi
    • Kepegawaian
  • Informasi
    • Berita
    • Foto Galeri
    • Agenda
  • Layanan Kepegawaian
    • Kenaikan Pangkat
    • Cuti
  • Layanan Publik
    • Layanan Perizinan
      • Rekomendasi Izin Apotek
      • Rekomendasi Izin Toko Obat
      • Rekomendasi Izin Toko Alat Kesehatan
      • Rekomendasi Izin Operasional Klinik
      • Rekomendasi Surat Izin Penyehat Tradisional (STPT)
      • Rekomendasi Surat Izin Praktik Bagi Tenaga Kesehatan Di Fasilitas Pelayanan Kesehatan
      • Rekomendasi Surat Izin Praktik Bagi Tenaga Kesehatan Di Praktik Mandiri
      • Izin Penelitian
      • Penerbitan Surat Keterangan Tidak Bekerja
      • Rekomendasi Izin Operasional Rumah Sakit C & D
    • Layanan JAMKESDA
    • Layanan PIRT
    • Layanan Sertifikat Laik Hygiene Sanitasi
    • Layanan Griya Sehat
    • Public Safety Center (PSC) 119
    • Survey Kepuasan Masyarakat
  • Direktori
    • PROFIL KESEHATAN KAB.KUNINGAN TAHUN 2023
    • RENSTRA DINKES 2024-2026
    • PERJANJIAN KINERJA DINAS KESEHATAN 2024
    • LAKIP DINKES 2024
    • RENJA 2024
    • SK IKU DINAS KESEHATAN 2024
    • Renstra Dinkes 2014-2018
    • Cross Cutting 2022
    • Perjanjian Kinerja (PK) Dinkes 2022
    • RENSTRA DINKES PERUBAHAN TAHUN 2021-2023
    • Profil Kesehatan Kab. Kuningan 2015
    • LAKIP 2022
  • Kotak Saran
  • Layanan Pengaduan
  • Profil Kesehatan Tahun 2024
No Result
View All Result
Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan
  • Home
  • Profil
    • Struktur Organisasi
    • Program Kerja
    • Visi dan Misi
    • Tugas Pokok Dan Fungsi
    • Kepegawaian
  • Informasi
    • Berita
    • Foto Galeri
    • Agenda
  • Layanan Kepegawaian
    • Kenaikan Pangkat
    • Cuti
  • Layanan Publik
    • Layanan Perizinan
      • Rekomendasi Izin Apotek
      • Rekomendasi Izin Toko Obat
      • Rekomendasi Izin Toko Alat Kesehatan
      • Rekomendasi Izin Operasional Klinik
      • Rekomendasi Surat Izin Penyehat Tradisional (STPT)
      • Rekomendasi Surat Izin Praktik Bagi Tenaga Kesehatan Di Fasilitas Pelayanan Kesehatan
      • Rekomendasi Surat Izin Praktik Bagi Tenaga Kesehatan Di Praktik Mandiri
      • Izin Penelitian
      • Penerbitan Surat Keterangan Tidak Bekerja
      • Rekomendasi Izin Operasional Rumah Sakit C & D
    • Layanan JAMKESDA
    • Layanan PIRT
    • Layanan Sertifikat Laik Hygiene Sanitasi
    • Layanan Griya Sehat
    • Public Safety Center (PSC) 119
    • Survey Kepuasan Masyarakat
  • Direktori
    • PROFIL KESEHATAN KAB.KUNINGAN TAHUN 2023
    • RENSTRA DINKES 2024-2026
    • PERJANJIAN KINERJA DINAS KESEHATAN 2024
    • LAKIP DINKES 2024
    • RENJA 2024
    • SK IKU DINAS KESEHATAN 2024
    • Renstra Dinkes 2014-2018
    • Cross Cutting 2022
    • Perjanjian Kinerja (PK) Dinkes 2022
    • RENSTRA DINKES PERUBAHAN TAHUN 2021-2023
    • Profil Kesehatan Kab. Kuningan 2015
    • LAKIP 2022
  • Kotak Saran
  • Layanan Pengaduan
  • Profil Kesehatan Tahun 2024
No Result
View All Result
Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan
No Result
View All Result
Home Berita

Standar Pelayanan Rekomendasi Izin Operasional Rumah Sakit C & D

by admindinkes
4 Juli 2023
in Berita
0
191
SHARES
2.4k
VIEWS

Standar Pelayanan Rekomendasi Izin Operasional Rumah Sakit C & D

 

No. KOMPONEN URAIAN
1. Persyaratan Pelayanan
Surat permohonan yang didalamnya terdapat pernyataan kebenaran dan keabsahan dokumen & data RS diatas materai.
Identitas Pemohon/ Penanggung Jawab
– Akta Pendirian dan Perubahan Badan Hukum (Khusus Kegiatan Rumah Sakit)
– SK Pengesahan pendirian dan perubahan
– NPWP Badan Hukum
Fotocopy Surat Izin Mendirikan & Izin Penyelenggaraan sebelumnya
Profil Rumah Sakit, meliputi :
– Visi dan Misi
– Lingkup kegiatan
– Rencana Strategi
– Struktur Organisasi
Self Assessment (Formulir isian), meliputi :
– Pelayanan
– Sumber Daya Manusia
– Peralatan
– Bangunan dan Prasarana
Gambar design (blue print) dan foto bangunan serta sarana dan prasarana pendukung
Izin penggunaan bangunan (IPB) dan sertifikat laik fungsi
Dokumen pengelolaan lingkungan berkelanjutan
Daftar Sumber Daya Manusia (SIP, Ijazah, Sertifikat, SK penugasan)
Daftar Peralatan medis dan non medis
Daftar sediaan farmasi dan alat kesehatan      
Berita acara hasil uji fungsi peralatan kesehatan disertai kelengkapan berkas izin pemanfaatan dari instansi berwenang sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan untuk peralatan tertentu
Surat perjanjian kerjasama pembuangan limbah medis padat dan cair dengan pihak lain yang telah memiliki Izin Pengelolan Limbah dari Kementrian Lingkungan Hidup
Dokumen administrasi dan manajemen   :
· Profil Rumah Sakit, meliputi visi dan misi, lingkup kegiatan,encana strategi, dan struktur organisasi;
· Daftar sumber daya manusia;
· Peraturan internal Rumah Sakit (hospital bylaws);
· Komite medik;
· Komite keperawatan;
· Satuan pemeriksaan internal;
· Standar prosedur operasional kredensial staf medis;
· Surat penugasan klinis staf medis; dan
· Surat keterangan/sertifikat hasil uji/kalibrasi alat kesehatan
Registrasi dan akreditasi Rumah Sakit
2. Sistem, mekanisme dan prosedur § Pemilik Rumah Sakit mengajukan pendaftaran melalui sistem OSS untuk mendapatkan nomor induk berusaha.

§ Pemilik Rumah Sakit melengkapi dokumen persyaratan izin operasional

§ Dokumen permohonan Izin Operasional yang sudah diajukan dilakukan verifikasi dan visitasi oleh tim yang di tugaskan paling lama 14 (empat belas) hari sejak surat penugasan dari Kepala Dinas Kesehatan

§ Tim harus menyampaikan laporan hasil visitasi paling lama 7 (tujuh) hari kerja setelah visitasi dilakukan berupa Berita Acara

§ Berdasarkan hasil verifikasi dan visitasi Kepala

Dinas Kesehatan menerbitkan surat persetujuan atau penolakan permohonan Izin Operasional

    paling lama 10 (sepuluh) hari sejak diterima laporan hasil visitasi:

§ Jika berkas serta ketentuan-ketentuan lainnya sudah sesuai dengan perundang-undangan maka surat Rekomendasi pengajuan Ijin Operasional bisa dikeluarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan.

§ Jika ada kekurang lengkapan dokumen atau perbaikan fisik diperbaiki dan diselesaikan sesuai dengan komitmen maka surat Rekomendasi ditangguhkan sampai dengan batas waktu yang sudah disepakati.

§ Surat Rekomendasi yang sudah dikeluarkan dikirim ke Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, untuk diterbitkan SK Izin Operasional Rumah Sakit

§ Perpanjangan Izin Operasional Rumah Sakit paling lambat 6 (enam) bulan sebelum Izin Operasional

berakhir

3. Jangka waktu penyelesaian 30 Hari (Keluar rekomendasi dari Kepala Dinas Kesehatan jika sudah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan)

60 Hari (Jika masih melengkapi persyaratan yang

belum terpenuhi)

4. Biaya/Tarif Tidak dipungut biaya
5. Produk pelayanan Surat Rekomendasi Izin Operasional Rumah Sakit tipe C dan D
6. Pengelolaan Pengaduan 1.    Whatsapp : 083119951777

2.    Email : perizinankesehatankuningan@gmail.com

3.    Telepon : (0232) 871 149

4.          Secara tertulis melalui :

a.        Surat yang ditujukan kepada Kepala Dinas Kesehatan Kab. Kuningan

b.        Web Kabupaten Kuningan :

https://Kuningankab.go.id/

c.        Web Dinkes : https://dinkes.Kuningankab.go.id/

7. Jam Pelayanan 1. Senin – Kamis : 08.00 – 15.00 WIB

2.   Jumat              : 08.00 – 11.00 WIB, 13.00 – 14.00 WIB

8. Petugas Pelayanan Ohan Hanifah, ST

Pengelolaan Pelayanan

No. KOMPONEN URAIAN
1. Dasar Hukum 1. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan

2. Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit

3. Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Perumah Sakitan

4. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 3 Tahun

2020 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit

2. Sarana, prasarana dan/atau fasilitas 1.      Lembar Kerja

2.      Pedoman  Pelayanan  Perizinan  di                    Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan

3.      Komputer/ Laptop/ Printer

4.      Jaringan Internet

5.      File/ Dokumen

6.      Lemari Arsip

3. Kompetensi pelaskana 1.        Memiliki Pengetahuan tentang Perizinan Rumah Sakit Tipe C dan D

2.        Memahami  Mekanisme  tentang                      Pelayanan Perizinan Rumah Sakit Tipe C dan D

3.        Memahami dasar penetapan izin dan syarat izin

operasional Rumah Sakit Tipe C dan D

4. Pengawasan internal Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan

Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan

5. Jumlah pelaksana 6 Orang
6. Jaminan pelayanan Pelayanan yang diberikan mengacu kepada Pedoman

Pelayanan Perizinan

7. Jaminan   keamanan                   dan keselamatan pelayanan Setiap   dokumen   perizinan   yang               dikeluarkan

mempunyai kepastian hukum dan legalitas yang diproses dan diterbitkan sesuai dengan standar

8. Evaluasi kinerja pelaksana Evaluasi penerapan Standar Pelayanan ini dilakukan setiap 1 (satu) tahun sekali. Selanjutnya dilakukan Tindakan perbaikan untuk menjaga dan

meningkatkan kinerja pelayanan

Juli 2023
M S S R K J S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
« Jun   Okt »
skpd7

HUBUNGI KAMI

Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan. Jl. Aruji Kartawinata No.21 Kuningan. Kode Pos 45511. Telp./Fax : 0232-871149. e-Mail : Info@dinkes.kuningankab.go.id

Copyright © 2022 Dinas Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan

No Result
View All Result
  • Home
  • Profil
    • Struktur Organisasi
    • Program Kerja
    • Visi dan Misi
    • Tugas Pokok Dan Fungsi
    • Kepegawaian
  • Informasi
    • Berita
    • Foto Galeri
    • Agenda
  • Layanan Kepegawaian
    • Kenaikan Pangkat
    • Cuti
  • Layanan Publik
    • Layanan Perizinan
      • Rekomendasi Izin Apotek
      • Rekomendasi Izin Toko Obat
      • Rekomendasi Izin Toko Alat Kesehatan
      • Rekomendasi Izin Operasional Klinik
      • Rekomendasi Surat Izin Penyehat Tradisional (STPT)
      • Rekomendasi Surat Izin Praktik Bagi Tenaga Kesehatan Di Fasilitas Pelayanan Kesehatan
      • Rekomendasi Surat Izin Praktik Bagi Tenaga Kesehatan Di Praktik Mandiri
      • Izin Penelitian
      • Penerbitan Surat Keterangan Tidak Bekerja
      • Rekomendasi Izin Operasional Rumah Sakit C & D
    • Layanan JAMKESDA
    • Layanan PIRT
    • Layanan Sertifikat Laik Hygiene Sanitasi
    • Layanan Griya Sehat
    • Public Safety Center (PSC) 119
    • Survey Kepuasan Masyarakat
  • Direktori
    • PROFIL KESEHATAN KAB.KUNINGAN TAHUN 2023
    • RENSTRA DINKES 2024-2026
    • PERJANJIAN KINERJA DINAS KESEHATAN 2024
    • LAKIP DINKES 2024
    • RENJA 2024
    • SK IKU DINAS KESEHATAN 2024
    • Renstra Dinkes 2014-2018
    • Cross Cutting 2022
    • Perjanjian Kinerja (PK) Dinkes 2022
    • RENSTRA DINKES PERUBAHAN TAHUN 2021-2023
    • Profil Kesehatan Kab. Kuningan 2015
    • LAKIP 2022
  • Kotak Saran
  • Layanan Pengaduan
  • Profil Kesehatan Tahun 2024

Copyright © Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan, 2014-2022.
Dikembangkan oleh Bidang Tata Kelola Pemerintahan Berbasis Elektronik - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan, Dibangun menggunakan Wordpress